Sunday, October 18, 2020

Burung Pemecah Rekor Dunia, Terbang 11 Hari dan 12 Ribu Kilometer Non-Stop

Ilustrasi burung godwit ekor belang (Krzysiek/Pixabay).

VivoonlineNews - Biasanya pelancong internasional gemar melakukan perjalanan jauh tanpa berhenti, namun apa jadinya jika pelancong tersebut adalah seekor burung. 

Dikutip dari Livescience, Sabtu (17/10/2020), seekor burung godwit ekor belang (Limosa lapponica) baru saja terbang selama 11 hari langsung dari Alaska ke Selandia Baru, menempuh jarak 7.500 mil (12.000 kilometer) tanpa henti, memecahkan penerbangan nonstop terpanjang di antara burung yang diketahui para ilmuwan.

Menurut National Audubon Society, burung godwit ekor belang merupakan burung berpostur besar, berisik dan memiliki warna seperti kayu manis. Mereka dikenal dengan kebiasaan melakukan migrasi yang mengesankan dari Alaska ke Selandia Baru atau sebaliknya, mereka terbang ribuan mil tanpa henti. 

Namun ada seekor burung tertentu yang terbawa oleh angin timur sehingga ia harus memperpanjang perjalanannya, terbang lebih lama dari kawanannya yang diketahui hingga saat ini. Godwit ini disebut  "4BBRW", ia diidentifikasikan dari cincin yang melakat di kakinya.

Pada 2019, para penliti menangkap dan menandai 4BBRW bersama dengan 19 godwits ekor belang lainnya di Firth of Thames, tenggara Auckland. 


Sumber : Liputan6

Situs Slot Terbaik

daftar



No comments:

Post a Comment